Apartemen Miring Usai Gempa Taiwan, Begini Reaksi Penghuninya - Berita Nassau

Post Top Ad

Apartemen Miring Usai Gempa Taiwan, Begini Reaksi Penghuninya

Apartemen Miring Usai Gempa Taiwan, Begini Reaksi Penghuninya

Share This
sumber
Chen Chih-wei mengaku baru sadar kalau kota tempat tinggalnya, Hualien, di timur Taiwan dihantam gempa kuat setelah apartemennya terbalik.

Menurut laporan Channel News Asia, kakek berusia 80 tahun itu tidur agak sore sebelum gempa dengan kekuatan 6,4 skala Richter mengguncang Hualien pada Selasa tengah malam, 6 Februari 2018, waktu setempat.

Petugas pemadam kebakaran berusaha mencari korban di bawah runtuhan gedung yang ambruk usai diguncang gempa kuat di Kabupaten Hualien, Taiwan timur, 7 Februari 2018. REUTERS

"Seluruh benda berjatuhan. Kasurku tegak berdiri vertikal. Saat itu saya sedang tidur dan tiba-tiba kondisinya berdiri," ucapnya kepada kantor berita AFP.

Chen tinggal bersama putrinya di lantai atas apartemen Yun Tsui, tempat sedikitnya empat orang tewas setelah lantai paling bawah runtuh, sehingga struktur bangunan miring hingga 40 derajat.

Kondisi ini membuat para insinyur panik dan menyanggah bangunan pada Rabu, 7 Februari 2018. Mereka menyusun blok beton dan batang baja besar untuk menghentikan keruntuhan lebih lanjut karena tim penyelamat melakukan tugas berbahaya guna mencari struktur beton yang hancur bagi para korban selamat.

Chen mengatakan, dia berjalan kaki menuju balkon apartemen sambil menunggu tim penyelamat, namun hal itu tidak mudah bagi seorang berusia lanjut seperti dia.

"Apartemen benar-benar miring dan sulit untuk berdiri. Lantai sangat licin, jadi saya merangkak dan meluncur keluar," kenangya.Petugas pemadam kebakaran mencari korban yang terjepit di bawah reruntuhan gedung yang ambruk usai diguncang gempa kuat di Kabupaten Hualien, Taiwan timur, 7 Februari 2018. Diketahui terdapat sejumlah warga yang terjebak dalam runtuhan gedung tersebut.

Sementara itu, penghuni gaek lainnya yang tak bersedia disebutkan namanya mengatakan, apartemen benar-benar hancur dan tiba-tiba terbalik.

"Lemari, rak, meja, semuanya terguling," katanya. "Sulit untuk merangkak dari tempat tidurku. Semua barang menumpuk. Kakiku menginjak air karena pipa pada pecah." Dia melanjutkan, "Saya merasa membuang uang untuk memberli apartemen ini sembilan tahun lalu," ucap warga Hualien, Taiwan, ini. (sumber)

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Pages